Mendidik anak

 Amsal 19:18 Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya.

Saya memiliki dua anak. yang satu 6 tahun yang satu lagi 4. jadi kira kira pengalaman menjadi orang tua adalah 6 tahun. bisa dibilang masih muda. tapi bagi saya ada banyak yang dapat saya pelajari sebagai orang tua didalam enam tahun itu.

sebagai orang kristen kita mungkin sering dengar ayat di atas. tetapi . bila kita telusuri firman diatas sepertinya cukup keras. dimana dikatakan HAJARLAH  sepertinya kita diijinkan untuk mendidik anak dengan kekerasan.

sementara di amerika dimana kami tinggal. sebagai orang tua DILARANG MENGHAJAR anak dengan kekerasan. bila si anak di HAJAR dan berbekas maka orang tua itu sudah dipastikan akan tinggal di jail atau penjara dan bila mau keluar akan di denda $7000- $100000 atau bahkan anak itu akan diambil oleh pemerintah. dan bila kita mau mendapatkan anak kita kembali kita harus mengikuti program yang dari pengadilan dan prosesnya akan lama bisa sampe satu tahun.

anyway, bila kita balik dengan perkataan HAJAR. saya sendiri setuju. setuju yang saya maksud adalah kita mungkin cukup untuk cubit. tapi cubit yang cukup beberapa kali aja hingga anak nangis. tapi yang jelas jangan sampe berbekas. karena terus terang bila anak saya kesekolah dan guru atau temannya melihat maka berabeh lah saya.... 

saya juga belajar bahwa bila saya tidak tegas atau sedikit keras maka anak akan sewenang wenang. 
jadi berhubung anak saya masih kecil saya musti ajarkan didik mereka dengan sedikit keras. yang mana mereka bisa respect. karena saya tau karakter anak saya bila saya tidak tegas atau lemah atau tidak memberi batasan batasan maka anak saya akan semena mena.

karena bila mereka sudah mulai dewasa seperti high school bila mereka tidak taat maka mereka akan bilang i'm 18 years old. im an adult now. dan mereka bisa aja keluar rumah dan hidup bebas diluar sana. dan mereka tidak melanjutkan sekolah mereka. 

jadi kita sebagai orang tua, kita bertanggung jawab kepada Tuhan tentang anak yang Tuhan beri kepada kita. adalah tugas kita untuk mendidik, mengajar dan mencukupi kebutuhan mereka. 

Doa: Tuhan ajar kami sebagai orang tua untuk dapat mendidik, mengajar anak kami dan menjaganya dengan baik sehingga mereka dapat menjadi seperti yang Engkau ingini. amin 

 

What did you think of this article?




Trackbacks
  • No trackbacks exist for this post.
Comments
  • No comments exist for this post.
Leave a comment

Submitted comments are subject to moderation before being displayed.

 Name

 Email (will not be published)

 Website

Your comment is 0 characters limited to 3000 characters.